Jan 24, 2009

go green yuuk!


Nyadar ga sih efek global warming udah kerasa banget? Sekarang, jam 5 aja udah kayak jam setengah 6. Jam 6 udah kayak jam stengah 7. Dan jam 9 udah kayak jam 1 siang. Giliran jam 2 siang, kadang” kerasa kayak jam 10 pagi. Kalaupun cuacanya normal sesuai jam, biasanya jam 12 akan SANGAT panas untuk ukuranku. ini seperti yang kusampaikan dalam presentasi poster mr. aldo. berikut poster yang ngin kugunakan:


tapi gara" salah nge print jadinya malah poster yang (liat sendiri!):

http://saia-azuma.blogspot.com/2008/11/lets-go-green.html

back to..

Ini ga lain karena lapisan ozon yang fungsinya nyaring sinar matahari udah tipis. Sehingga sinar matahari yang masuk ke bumi ga mengalami filtrasi dengan baik.. Kalo hal ini dibiarin terus, dengan kondisi bumi yang semakin hari semakin masya Allah, ya es di kutub bisa abis beneran. Yang artinya bakal nambah debit air laut sehingga permukaan bumi kelelep. Itu belom termasuk hal-hal lainnya yang bakal terjadi, contoh realnya aja manusia bisa kena kanker kulit karena radiasi sinar ultraviolet yang berlebihan. Aku ga tau juga sih, tapi ini berdasarkan kesimpulan yang kuambil dari beragam info. Soal ke absurd an nya ya gatau deh. kalopun salah ya maaf” aja deh.

Back to..

Maksudnya kondisi bumi yang Masya Allah ini ialah, jumlah pohon sebagai pari-paru dunia makin tipis. Apalagi di kalimantan yang katanya, dulu kalo diliat dari pesawat kayak karpet ijo yang terbentang. Tapi sekarang? Pohon ditebangin secara ilegal. Kalo ga ada penanaman lagi, ya abis deh! lagian orang” ga mikir apa, kalo pohon untuk menjadi ‘pohon’ perlu waktu yang ga sebentar.

Dan juga, pemakaian kendaraan pribadi yang makin WAW (sori far!) setiap harinya. Orang berbondong” nambahin koleksi mobilnya. Dan kalo ditanya pasti mereka jawab itu kebutuhan. Kebutuhan apa? Kebutuhan nganterin anak sekolahan yang sekolahnya beda”. Satu anak satu mobil. Pemikiran yang bodoh menurutku. Dengan semakin banyak kendaraan yang berseliweran di jalan, semakin bertambah pula polusi, semakin berkurang kekuatan si jalan raya, dan intinya menuh”in jalanan aja sehingga macet!

Untuk saat ini, saranku sih buat membantu bumi. Mungkin untuk kayu, kita bisa mulai dari menghemat menggunakan pensil kayu. Aku sih emang jarang pake pensil kayu kecuali buat ujian. Tapi, sekarang aku udah ngakalin biar kalo ujian yang otomatis harus pake 2B for computer aku ganti pake pensil mekanik biasa dengan isi pensil 2B for computer. Ini jelas ngemat banget menurutku. Meskipun ngefek pada perusahaan pensil, tapi toh ini buat dunia kita juga. Lagian kalo perusahaan pensil kayu ga laku, tuh perusahaan bisa ngerbuah jadi produksi pensil mekanik. Gampang kan?! (tapi ga segampang itu!)

Soal kendaraan, tolong deh orang” kurangi ego dikit. Aku bukannya ngelarang ya, tapi kalo rumahnya cuma selemparan batu dari tempat kerja / sekolah terus bela-belain naek mobil sendiri ya itu percuma. Udah nambah-nambahin polusi, ngurangin minyak bumi pula! (secara, tuh kendaraan jalan pake bensin)

Kalo kita mau gitu, naek kendaraan umum aja. Kalo kendaraan umum kan, meski efeknya sama (nambah polusi ngurangin minyak bumi) tapi kan buat bersama. Semakin banyaknya orang yang naek kendaraan umum, maka secara sendirinya polusi bakalan kurang. Ato lebih baik lagi kalo kita gunain kendaraan yang ga ngeluarin polusi dan minyak bumi. Yakni sepeda! Kenapa ga coba gunain sepeda ke kantor ato ke sekolah? Lumayan, buat olahraga juga kan.

Aku ga nyalahin si pengguna kendaraan kalo kendaraannya di pake buat bersama. Misalnya 1 mobil buat 7 orang, that’s better kan? Kayak jemputan gitu. Pernah tuh aku lagi jalan, terus ngeliat alphard dengan hanya 2 orang doang isinya. Beneran boros, tau sendiri alphard yang ga kecil kan. Pikirku waktu itu, ini orang ‘kaya‘ mau pamerin kebodohannya apa? Mobilnya gede orangnya cuma 2 biji. Halah halah. Tapi aku coba berpikir positip. Mungkin orang alphard itu mau ngejemput 7 anaknya kali ye..

Pemda dki udah mulai dengan pengoprasian busway. Hal ini bagus banget. Tapi sayangnya, di pemberhentian busway sekarang ga kerawat. Pintunya banyak yang rusak dan tiang penyangganya banyak yang diiket pake rafia. Beneran kodisi yang menyedihkan.

Yodah. Gogreen indonesia! Gogreen dunia! Kurangin deh tuh pemakean pensil kayu, kendaraan lalalala. Sebenernya kalo mau aku bisa ngritik sampah. Tapi ga ah, aku ga mau ngritik sesuatu yang aku lakukan. Maksudnya, aku kan masih suka buang sampah permen sembarangan. Jadinya aku ga bisa koar koar, “jangan buang sampah sembarangan yo!”.. walaupun aku lagi usaha buat ga ngebuang sampah sembarangan semaksimal mungkin.

Ayo bareng” kita tanem pohon. Sekecil apa pun pohon yang kita tanem tetep berguna. Kalo gada pohon gada oksigen. Mumpung matahari lagi hothotnyaa. biar pohon jadi peneduh kita. Jangan kayak auliya yang beneran gada peneduh. Pohon di auliya masih kecil”. Kalopun daonnya lebat pasti pohonnya pendek. Saran buat auliya, kalo bisa conblock (tulisannya gimana sih?) di depan hall sama deket pos satpam ancurin aja (digebukin pak leo). Jadiin media tanam aja tuh.. tanemin rumput yang alus alus. Bikin kolam ikan paus gituh (?) miara nuri gitu. Dan lama lama auliya bakal jadi kebon binatang (hore?!) dan bagus doong.. dengan jadi kebon binatang berarti orang yang mau bekunjung ke auliya bakal bayar. Bayarnya kan pake duit, duitnya dikasih anak anak deh. hore. Aduh ngomongin apa sih as?! Ngelantur deh! ahyaudah.

Ayo kita lakukan sesuatu buat bumi kita. Jangan cuma bisa ngomong okeh?!

No comments: