Jan 9, 2009

uas 2

12 Desember 2008, Jum’at..

tebak apa jadwal UAS untuk hari ini, semua anak ala pasti tauu.. benar!! IPS dan FISIKA!! (kamu knapa as?)

buat saya, dua materi itu terlalu berat jika harus disatukan dalam satu hari. Aku udah coba protes ke pj UAS semester GASAL yaitu PAK BUKHORI, kira” beginilah percakapannya:

A : pak, ganti doong jadwal UAS nyaa (memohon dengan muka baik)
B : jadwal? Yang mana?
A : jadwal UAS yang hari jum’at!! Masa IPS sama FISIKA dibarengin?
B : terus?! (sok ga tau apa apa)
A : yaa diganti lah paak. Terlalu berat paak.. plis paak, pak bukhori BAIK deeh (memaksa untuk memuji)
B : apa masalahnya? Itu kan urusan KALIAN (ngomong kalian pake nada tinggi)
A : ga bisa gitu dong pak!! Kita ga bisa fokus belajarnya karena materinya sama sama susah!
B : yaa makanya belajarnya jauh jauh hari!
A : iih bapak!! Bikin jadwal yang warasan dikit knapa paak.. kayak Bu Reni doong..
B : bukannya sama aja yaa?
A : ya beda laah pak.. Bu Reni tuh jadwalnya lebih pas jadi kita belajarnya lebih enaak.. (dalam hati: lagian bu reni kan cewek, bapak makhluk apa coba?!hehe sori pak)
B : ga bisa semudah itu ngerubah jadwal, lagipula jadwal nya sudah dirapatkan sama semua guru dan guru guru setuju tuh. Lagian IPS soalnya gampang kok!
A : (diem, dalam hati: iyaa soalnya gampang, jawabannya?!) Pokoknya jangan SALAHIN kita kalau nilai kita jeblok

yaillah pak, bilang gittu dari tadi kalau bapak ga mau ngerubah jadwalnya.. pake bertele-tele. Tapi aku pantang menyerah, aku udah 3 kali mohon-mohon ke tuh orang minta jadwalnya diganti, trus udah ngadu ke Pak Dian dan Bu Tiwi, tapi tanggapan mereka berdua:

BT : jangan ngadu ke bu tiwi doong, bilang ke Pak Bukhori, dia kan PJ UAS nyaa
PD : tapi itu kaan biar kalian belajar.. yaudah nanti bapak akan coba sampaikan..

Terus juga aku ngadu ke ibuku, tapi tanggapannya sama sekali tidak membelaku, ibuku malah comment kalau emang seharusnya aku yang belajarnya lebih sering lagi. huoh

Akhirnya kaan ya emang jadwalnya ga digantiL Alhasil malem sebelum ujian yaa aku mati-matian belajar. Sekali lagi saya tekankan pada anda semua bahwa saya lebih suka menyebut membaca buku dengan kata belajar, maksudnya biar kesannya lebih pelajar gituuh.. malem-malem aku sendirian di kamar baca buku, wuooh serem banget lagi, mana malem jum’at pulaa.. trus aku tidur jam 1 lewat gitu deeh. Tapi masyaAllah, masa aku belum tidur terlalu nyenyak tapi aku udah bisa mimpi. Jadi tuh aku mimpi kalau aku udah ada di sekolah dan ada suara yang ga tau datengnya darimana terus ngasih pertanyaan tentang ips sama fisika gitudeeh, abis suara itu ngasih pertanyaan aku langsung bangun terus ngeliat jam terus memikirkan jawabannya. Waddoh mimpi apaan neeh?! Pokoknya aku beneran baru bisa merem ga buka mata lagi jam 2-an gitu deeh. Tapi mimpinya masih sama, cuma setiap aku ngejawab, aku ga bangun lagi (ada yang ngerti?) Paginya aku langsung stres berat, gimana ga stres? Niat aku tidur kan menenangkan pikiran biar pas ujian ga pusing, ini apaan coba?

Pas berangkat ke sekolah aku langsung diserang pusing hebat, hehh. Mungkin karena aku baca buku fisika di perjalanan ke sekolah terus indikasi mimpi malemnya kali yaa? Ah ga tau deeh. Tapi pas ujian fisika Alhamdulillah udah agak berkurang. Soal fisika ada 40, alhamdulillahnya PG semua. Fisika aku udah rada lupa soal apa yang ngebuat aku stres. Tapi nih yaa, prediksi nilai sih 8-an (pedenya selangit deeh). Amiin deh.

Trus IPS ada 40 soal PG sama 5 essay dengan waktu 1,5 jam!! Yang bikin shock tuuh ternyata bab 7 unit 2 (Organisasi yang mempertahankan identitas bangsa Indonesia) keluar! Padahal jelas” di kisi-kisi ga ada sama sekali!! Siapa sih yang ngeluarin tuh soal? Mana ada sekitar 3 biji soal tentang gituan lagi. Hhh. Terus kita juga BELUM pernah belajar tentang soal yang dikeluarkan pada unit itu.. hhh.

Soal” itu antara lain:
1. guna manifesto politik?
2. manifesto politik terjadi kapan?
3. kapan kongres Perserikatan Perempuan Indonesia pertama terjadi?

Alhamdulillahnyaa soal-soal itu ada di PG, jadi aku bisa menganalisis jawaban A/B/C/D.. eheeh..
Terus soal essay hampir semuanya ga bisa, soal-soal itu diantara lain:
1. sebutkan teori yg berkaitan dengan penyimpangan sosial!
2. jelaskan hubungan antara kaum pelajar elite dengan kesadaran nasional bangsa indonesia!
3. sebutkan ciri-ciri pasar persaingan sempurna!
Alhamdulillah lagi, Allah telah memberiku bakat untuk bercuap-cuap (ngomong panjang) di kertas. Yaa jadinya aku nginget” dan langsung dipanjang”in (ngemeng) hehehe. Moga aja dikasih nilai..

Sebenernya banyaaak soal yang aku ragukan, tapi yaudahlah.. aku pasrah aja sama nilai kedua pelajaran ini, beneran aku ga berani ngarep tinggi. IPS aku sama sekali ga bisa memprediksikan nilai. Buat kalian yang bilang soal-soal yang aku sebut tadi gampang, berarti kalian yang kepinteran.. hehehe

No comments: