Mar 18, 2009

LANGGANAN

Kurus-kurus begini aku hobi loh jalan-jalan. Eheheh. Meskipun jarang, tapi berkat wisata dari satu tempat ke tempat lainnya, keluargaku jadi punya langganan. Ah jadi promosi nih. Biar deh ya.

BUBUR
Bubur ayam emang sesuatu yang pasaran kali ya. Tapi, baru kali ini keluargaku punya bubur yang bikin kecanduan (ya enggak lah ah). Buburnya beda dari yang lain. Aku sih nggak tau apa yang bikin beda. Pokoknya pas dimakan enak aja gitu. Ibuku udah jadi langganan tuh tukang bubur dari masih warung tenda sampe sekarang pindah ke ruko. Dari mulai meja satu sampe sekarang udah ada 4 meja lebih. Dari masih empat rebo, sampe sekarang udah enem rebo. Kalo mo nyoba, coba deh. tukang buburnya ada di deket salon Itoeloe bintaro. Kan ada ruko tuh ya di sebelah pombensin. Pokoknya sekitar situ lah. Brand nya, “CIPANG”. DULU, tukang buburnya pake tenda gitu, ada di deket belokan British int’l skul. Aku sama ibuku tuh yang nemuin. Jadi DULU, waktu masih LIA kan pulangnya sering lewat situ dalam keadaan kelaperan. Eh malah kecanduan, hampir tiap minggu beli. Sekarang sih udah jarang. Secara udah nggak LIA gitu. Tapi, seumur-umur aku idup, ini bubur yang paling enak loh. Pernah aku sama ibuku nyoba di tempat lain. Tapi gada yang bisa nyamain bubur ini. Ada yang udah mahal ga enak lagi. Ada yang murah dan kurang enak. Ada sih yang enak tapi mahal. Jadi yang paling pas ya bubur CIPANG.

ES
Ada lagi langganan minuman yang sering kita beli malem-malem. Kalo nggak salah nama brand nya tuh, SINAR GARUT(SG). Meskipun itu cuma warung tenda, tapi rasa es telernya lebih enak daripada es teler di resto. Serius. Nggak tau sih apa lidahku emang nggak cocok sama F&B kelas kakap ato gimana ya. Tapi emang iya, kalo es teler yang di resto tuh hambar2 gajelas. Tapi kalo SG uuh, ga bakal nyesel deh. harganya juga relatif murah, 7000-an gitu deh. aku paling sering beli es teler sama es campur capucinno. Enak banget tuh 2. Tapi jangan salah menafsirkan SERING ya. Maksudku, kalo aku ke SG aku seringnya beli itu. Bukan aku yang sering ke SG. Jarang kali yaa kita. Kalo SG yang nemuin orangtuaku. Jadi lidah sekeluarga cocok. SG yang sering kita kunjungin ada di Arinda. SG cuma buka dari sore sampe malem. Tenang aja, SG ada dimana-mana kok bagi yang tau. SG juga nyediain macem-macem es laennya tapi aku ga tau apa aja. hehe

BASO
Ada lagi makanan yang pasaran tapi so pasti kita udah punya langganannya. Yaitu bakso ‘JOKO’. Wih jangan tanya rasa nih bakso, beneran mak nyuus. Seporsi delapan rebo, satu baso gede sama dua baso kecil. Basonya lembut abis dan adonannya ituloh pas. Mmm. Jadi pengen. Kita jarang beli bakso, tapi kalo beli pasti ke Bakso Joko. Bakso Joko sih cabangnya udah dimana-mana. tapi aku seringnya beli yang deket swalayan HARMONY. Yang nemuin bakso joko juga orangtuaku. Dulu, karena deket dari rumah jadi sering beli. Karena enak, sekarang walo rumah kita rada jauh tetep aja dibeli. Emang sampe saat ini belom ada tandingannya.

MARTABAK
Aku punya 3 langganan martabak, sekarang aku mau jelasin tipe 1. Tipe 1 ialah martabak enak tapi mahal. Kalo nggak salah martabak bandung, tapi nggak tau juga ya. Letaknya persis di depan komplek arinda 1. Martabaknya beneran enak lembut dan ahh. Kalo disini kita seringnya beli martabak keju sama telur sepesial. Sayangnya, seenak apapun harganya mahal. Martabak keju aja sampe 22.000. keluargaku kalo lagi kelebiham uang aja beli disini. Dulu, waktu rumahku masih di arinda kita sering beli. Tapi itukan dulu coy.

Tipe 2, martabak enak dengan harga sedeng. Kalo yang ini martabak bangka. Letaknya di jalan jurangmangu barat/timur. Pokoknya between perum permai sama perum safari. Persis di depan sarmili. Lo nggak tau lah pokoknya. Martabaknya beneran dilimpahi sama keju dan meses (kalo beli rasa itu). Pokoknya harganya tuh 16.000, kejunya jangan ditanya, melimpah abis. Kalo martabak tipe 2 yang nemuin ibuku.

Tipe 3, martabak enak harga murah. Aku sih nggak tau ini martabak apaan. Pokoknya enak aja deh. letaknya di deket perum mahkota simprug ciledug. Jualannya pake gerobak. Tapi jangan salah coy, rasanya ituloh. Sistem jualannya diem di satu tempat. Begitu udah malem, dia bawa gerobaknya pulang deh. karena deket sama rumah kakekku, jadi aku sering beli deh. seringnya sih beli keju sama coklat kacang. Bayangin harganya only 10.000 untuk ukurn martabak seenak itu. Wih. Dan ini bukan martabak murahan. Aku pernah ngeliat dia bikin martabak dari awal sampe akhir, dan bahan yang dipake juga nggak sembarangan. Kebetulan kakekku kenal sama yang jual martabak. Sayangnya jauh sih dari rumah, jadi kita jarang deh beli martabak yang ini.

MASJID
Kalo mesjid, langgananku sama ibuku di Al-Hikmah, Bangka. Biasanya kita ke Al-Hikmah buat I’tikaf (solat malem di malem 10 terakhir).aku inget tuh, waktu aku masih kelas 3 aku sering disuruh ikut. Jadinya abis solat isya nggak tarawih tapi malah langsung tidur. Terus nanti jam 11 bangun buat berangkat. Terus sampe Al-Hikmah solat hingga jam 3.30, terus saur dan ya gitulah. Biasanya aku baru pulang jam 7-an. Ntar sampe rumah tidur deh.

Apa yang membedakan Al-Hikmah dengan masjid lainnya? Mungkin karena kekhusyu’an nya kali ya yang bikin betah lama-lama disana. Beberapa kali kita pernah nyoba di At-Tin, masjid sektor 9, deelel. Tapi ga ada yang sekhusyu’ Al-Hikmah.

Emang sih, di Al-Hikmah semalam, 3 juz. Setiap kali solat, jemaah megang ak-Qur’an biar bisa ngikutin sampe mana imam baca. Dulu, saking lamanya aku sampe ngantuk dan menggertak-gertakkan kakiku ke lantai. Heran sama imamnya, keren banget. Terus, di Al-Hikmah suasananya jauh dari bising. Jadi beneran sepi-sepi gimaanaa gitu. Ohya, Masjid Al-Hiikmah itu ada di lingkungan sekolah islam Al-Hikmah. Ini sekolah selalu bikin aku bengong-bengong. Masa anak kelas 5 aja udah apal 3 juz, jadi malu.

Udah gitu, kalo mau saur ga usah bawa dari rumah ato mesen nasi bungkus, karena 5 meter dari mesjid ada beberapa rumah makan yang buka. Tinggal pilih aja, mau masakan jawa prasmanan, pdang, nasi goreng. Lengkap deh. aku paling sering beli prasmanan. Enak aja ngambil sendiri.

Belakangan aku tahu, waktu ibuku hamil aku 6 bulan, ibuku juga I’tikaf disini. Makanya, sama pemilik RM prasmanan kok akrab. Eh ternyata.

Cuaca Al-Hikmah juga menyenangkan. Udaranya nggak terlalu kotor. Terus kalo malem banyak deh bintangnya. Aku sama ibuku sering ngambil tempat di bagian luar atas (macem balkon gitulah), karena disitu full of wind dan kalo lagi males solat bisa duduk sambil mandangin langit. Aku sering berdoa sambil menatap langit. Apalagi abis shubuh. Cuacanya enak. Apalagi menebak-nebak malam lailatul qadr’. Seru aja.

No comments: