Jun 27, 2009

Persiapan ASR

Yang paling ku anggap sebagai sesuatu yang nyeremin di kelas 8 ini adalah student research. Ngebayanginnya aja males. jadi ini tuh kegiatan khusus buat kelas 8, penelitian, nyusun karya tulis, trus sidang gitu deh.

Jadi awalnya, kita kan disuruh bikin proposal berdasarkan dengan tema yang sudah kita buat. Nah temanya itu nentuin sendiri2. Dari pencarian tema aja aku udah punya masalah. Waktu aku nanyain tentang tema:
M = Me
G = Guru

M = master, ntar kita student research dimana sih?
G = nyesuain dengan tema kalian..
M = tapi persisnya dimana? Saya sih tergantung sama tempatnya.
G = belum tahu ya.. ada anak2 yang belum dapet tema.
M = haduh gimana sih? Saya akan nentuin tema kalo saya udah tahu lokasinya. Biar pas!
G = ya tentuin aja dulu temanya…

Beneran deh bingung abis soal tema! Jadi kan aku udah buka buku2 gitu. Terus nemuin banyak tema. Diantaranya:
1. jamur
2. lumut
3. pencemaran air / tanah
4. Mimosa pudica
5. tanaman paku.

Karena jamur menduduki peringkat satu, akhirnya aku nginget2 tempat konservasi jamur. Trus kalo ga salah di KR Cibodas tuh ada. Pas bicara ke ortu, mereka setuju juga. Yaudah, ke warnet lah saya. Eh di warnet, pas nge-search KR Cibodas.. ya ampun! Ternyata di sana ga ada taman jamur! Adanya taman lumut! Sayang lumut udah diambil raka -__-

Buntu deh. Aku nyari2 tanaman yg ada di KR Cibodas. Disana kan juga ada eumah kaca kaktus. Yaudah, tanpa ba-bi-bu lagi, aku langsung bikin proposalnya. Tanpa pemikiran yang panjang. Alasan milih kaktus: menarik, unik. Benar2 kekanakanakan ck. Aku neliti kaktus pir karena kaktus itu punya banyak data di internet.

Seminggu berlalu. Bu Reni ngerevisi proposalku. hari rabunya (2 days after I gave it to her), aku ngasih proposal yg sudah di revisi ke Pak Heri. Aku ganti pembimbing gitu ceritanya. Wah, kalo alasan kenapa pindah sih top secret. Nyehehe.

Sorenya, Pak Heri manggil aku. Terus aku disuruh cerita gitu ttg penelitianku. ya bingung lah saya! Kaktus itu hasil pemikiran 5 menit! Akhirnya cerita dengan bahasa yang hancur dan kacau sekali. Pak Heri aja sampe ga ngerti (sepertinya sih gitu..)

Malamnya, aku mikir2 lagi. Akhirnya, di selembar kertas, Aku nulis 3 tema yang jadi bahan pertimbangan. Aku tulis judul besarnya, alasan dan kendalanya. Jamur, singkong, dan kaktus pir. Paginya, aku tunjukkin itu ke ortuku. ibuku pro sama jamur. Dia ngasih solusi atas kendala2 yang aku tuliskan. Tapi pas aku tunjukin itu ke ayahku, dia protes.

A: kamu tuh udah bikin proposal! Udah direvisi pula! Nggak masuk akal kalau kamu dengan mudahnya ganti tema. Ini udah setengah jalan nak! Udah, ntar ayah bawa kenalan ayah yang ngerti tanaman biar kamu bisa nanya2.
Me: tapi yah, kaktus pir jarang ada yang tahu. Itu juga bukan tanaman kecil.
A: ya makanya ayah ga ngerti. Udah ntar aja kamu tanya2 ke tukang tanamannya.
Me: -__-

Sampe skul, aku nanya2 sama Amalia. Dia juga lagi bingung gitu tentang tema. Karena bingung, pas lagi istirahat, aku sama Amalia mau konsultasi sama Pak Hilman (guru BP). Tapi karena beliau ga ada, jadinya kita diem di depan kantor. Saat itulah keputusan diambil. Kita putuskan untuk masuk kantor.

Trus kita ungkapin kendala kita sama Bu Reni. Pas lagi bingung2 gitu, datanglah Tika Amel dkk. Tika ngerebut gitu aja kertas tema yang lagi kupegang2. Dan dia, bagaikan malaikat dia bilang, “Ma, jamur aja kali.. di deket rumahku ada budidaya jamur putih”. Wah, kaget bercampur senanglah saya. Ya ampun!

Trus Bu Re bilang, “kalau dengan ganti tema kamu bisa lebih cepat menyusun karya tulis, kenapa enggak?”. Saat itu juga, aku sama Amalia langsung memutuskan untuk ganti pembimbing. Sebenernya beraat banget. Aku hilang muka tuh. kan awalnya aku di Bu Re, trus pindah ke Pa He, masa mo pindah lagi ke Bu Re? Tapi saat itu yang kupikirin banyak. Jadilah saya ganti pembimbing. Ada beberapa alasan yang membuatku dan anak2 ce memilih Pa He. Ada banyak alasan juga yg membuatku berpindah dari Pa He. fuhh ribet ya..

Akhirnya, aku nyusun proposal lagi. Beneran konyol deh. Seenaknya ganti proposal yang udah direvisi.. tapi yaa biar deh.

Empat hari itu (kamis, jumat, sabtu, minggu) aku nyusun proposal baru. Seperfect mungkin, males banget deh kalo disuruh revisi lagi. Seninnya, aku sama Amalia janjian ketemuan di skul, ngumpulin proposal. Daan, revisi lagi! -__- Aku punya masalah di daftar pertanyaan. Pulang dari skul aku langsung ngerevisi lagi. Udah selesai tuh, tapi aku males ke skul lagi. Akhirnya baru diserahin pas ASR-nya. Awalnya ga boleh tuh! Tapi karena aku ga penelitian di cijeruk jadinya gapapa deh..

No comments: