Jun 27, 2009

Heii ASC 3

Aku selalu suka sama yang namanya camp. Seru aja gitu. Tahun lalu, angkatan 2 udah camp, jd tahun ini ga ada camp lagi. aturannya emang gitu, tahun pertama camp, tahun kedua research, tahun ketiga perpisahan. ASC2 (Auliya Student Camp) diadakan di tempat kemah standar, ga terlalu canggih. Dan tahun ini, beruntung banget saya bisa Ikut lagi.

Jadi, Karina, Tika, Amalia, Sari, dan Tami termasuk aku ngnajuin diri gitu buat jadi panitia. Eh boleh, yaudeh kita berangkat. Sebenernya aku rada berat gitu sih, soalnya dari pandanganku (?), guru2 kayaknya terpaksa gitu nerima kita. Tapi akhirnya aku coba santai. Toh kalo mereka keberatan kenapa mereka masih nerima kita? Yasudah, aku coba nikmati aja.

ASC3 diadakan di Desa Cibalung, Sukabumi selama 3 hari. Terhitung tanggal 14-16 April 2009, kamis-jumat-sabtu. Lokasinya sama kayak ASC1. Tadinya ASC2 mo diadain di lokasi yg sm tapi berhubung tahun lalu cuaca sangat2 tdk bagus dan rawan musibah longsor ya ASC2 pindah tempat. Padahal ASC3 ini diadakan pd cuaca yg ga bagus2 amat jugaa.

Aku bawa 1 ransel sekolah sm 1 tas tenteng buat naro snack sm barang2 suci laennya (?) Kamis pagi itu cuacanya ga enak. Gerimis-hujan-lembab gitulah. Jadwal awal, kita berangkat dr sekolah by tronton jam 7.30. Tapi malah ngaret smp jam 8.30-9.00. panitia setronton sm kelompok kalajengking. Trontonnya sangat lembab-pengap-PANAS. Otak jadi Ikutan mendidih karna tronton ngetem dulu di skul. Hadooh. Tapi akhirnya jalan juga.

Barang2 ditumpuk2 di kolong tronton dan di ujung tronton. Ancur2 deh. Kita sampe sekitar jam 12. Lokasinya sungguh menawan. Pohon2 menjulang tinggi dan berhimpitan. Suara hewan2 misterius bersahutan. Tanahnya basah. Aroma hutannya enak deh. sangat beda sm lokasi ASC2. Jadi ngerasa terkucil nih.

Setelah nmpatin barang2 di tenda masing2, semua kumpul untuk upacara pembukaan. Matahari bersinar malu2. Ketika angin berhembus pelan, kedinginan itu menyergapku. dan sesuatu terjadi. Sesuatu yang membuatku marah. Sesuatu yang foolish. Sesuatu yg membuat dia tertawa. Tertawa dan berjingkrak2 dlm hati-__-

Selesai upacara, panitia briefing. Briefing itu mengharuskan aku dan Tika tinggal di lokasi sementara yg laennya Ikut pengenalan (ma’rifatul) medan buat caraka malam. Lokasi langsung sepi ditinggal anak2. Meninggalkan amel, tika, aku dan beberapa anak laennya. Kita makan2 snek trus solat zuhur di tenda.

Abis itu makan nasi padang di rerumputan. Kita ganti baju deh, karena baju kepanduan akan dipakai lg pas hiking ke kawah ratu. khawatir kalo dipakai sekarang akan basah karena kita mo ke air terjun!

Peserta tes PBB sedangkan aku, Tika, Karin, Amalia jalan ke rute air terjun dan sisanya ngetest PBB peserta. Back to.. masing2 dr kami behenti di pos2 untuk berjaga. Aku berhenti paling akhir bareng pa Muluk dan jaga pos semapor. Pemandangannya bagus banget tp serem. Jalannya lcin. Lumut disana-sini. Sempet merinding karena hutan itu menyimpan kesan mistis. Namanya juga pos terakhir jd nunggunya lumayan lama.

Yak, kemampuan semaporku dipertanyakan. nantinya aku yg akan ngasih kode ke peserta yg lewat by semapor. Lupa2 inget deh. pa Muluk dengan sabarnya ngajarin (tengs paak). Selesai menjalankan tugas, aku jalan ke aer terjun tujuan kita. Di jalan aku ngeliat bangkai ular looh. Sampai di air terjun aku pengen banget nyebur. Tapi berhubung hari udah mulai gelap dan udah pd mo plg ya jd gajadi deh.

Aku jln sm rombongan ank2 terakhir. Di belakang kita ada sih ank2 kyk fairuz, hani, eriska dan guru2 lg pd poto2.

Ank2 udh pd merinding. Ga ada yg bw senter lg. Perut laper dan suasananya dingin-gelap-lembab-serem. Hutan itu misterius. Suara hewan entah apa terus terdngar. ketika akhirny sampe ke lokasi kita langsung pd nyebar. Mandi-solat-makan. berantakan banget susunanannya. Alhamdulillah kamar mandinya normal (?)

Setelah semua rapi, panitia briefing di mushola deket warung. kita bahas caraka malam gitu. Tadinya, aku sama Karin akan jagain suatu barang yg nantinya anak2 bakal liat isinya. Aku udah seneng2nya ketika akhirnya malah aku yg disuruh pindah ke pos 4/terakir. Pos teakhir itu pos hafalan Qur’an. yaah. Mana gada yg nakut2in lagii D:

Selesai briefing kita langsung disuruh tidur. Tp Pak Dado maksa kita buat masak aer karena belio mo buat sesuatu dgn aer panas itu. Semua pd nolak. Ya iyalah! Kita disuruh bangun jam 12 malem tp begitu mau tidur kita malah disuruh2, aku sih kesel. Setelah nyogok dengan sebatang chunky bar utuh (hiks), aku lgsg tidur. Biar deh dia mau bicara apa. Bersyukur gitu udh dikasih chunky! bukannya diem belio malah tetep nyuruh2. Bodo amat, nggak kita turuti deh. peace pak!

Aku bangun jam 12 seperti yg disuruh. Aku melongok ngintip2 ke tenda pleton (semacam pusat kegiatan). Di tenda itu ada guru2 lg pd nyusun rencana sepertinya. Tapi ya karena kita belum disuruh2 ya aku diem aja. Lima anak laen masih pd tidur. Aku diem aja mempertahankan posisi. Setengah jam kemudian baru kita disuruh kumpul :! Briefing sebentar trus lgsg jalan ke pos masing2 sekitar jam 1.30. Aku jaga di pos terakhir bareng Bu Reni sama Pak Bukhori. Iri setengah hidup sm yg jagain pos2 serem. Pengen banget ngeliat rute caraka malam dngan sempurna. Soalnya kan aku nggak Ikut ma’rifatul medan, jadi ga tahu rute secara utuh. Terus, secara pos terakhir berangkatnya lewat jalan lain, bukan jalan normal dari rute awal. kita langsung aja menuju pos terakhir yg emang ga jauh dr warung. Iih sebel D:

Sampe di pos, kita langsung gelar plastik item dan duduk. Mulanya, Bu Reni dan Pak Bukhori baca Al-Qur’an yg kubawa. Tp lama2 jd pd diem gitu. Kita nggak bawa penerangan tetap (lampu badai). Adanya senter. Dan kalau senter nyala terus2an kan sayang batrenya. yaudah. Suasana gelap dan Bu Reni maupun Pak Bukhori gada yg nyalain senter. Semua membisu. Saking lamanya sampe2 aku tidur dalam posisi duduk loh :D

Karena bosen, Pak Bukhori nyiapin style2 buat nakut2in anak2. Bukan tugas belio, belio cuma iseng doang. Tugas nakut2in ada di pos bayangan. Pak Bukhori terus nanya2 ke kita ttg style yg cocok. Bu Reni cuma geleng2 aja. Pak Bukhori ngajak2 lagi biar kita juga bikin style serem. Tapi Bu Reni nolak dengan bilang, “karena saya ga suka ditakut2in, saya ga niat untuk nakut2in”. nyehehe.

kita nunggu sampe lamaa, sampe ada waktu buat aku dan bu Reni untuk beli minum di warung (haus cing). Sekitar jam 3-an, baru deh. 2 orang cowok dateng. Langsung Pak Bukhori tes. Setelah mereka, nunggu lama lagi deh. setengah jam kemudian teriakan mulai terdengar, sahut2an anak2 ketakutan. Setelah mereka, panitia yg jaga pos sebelumnya lewat. Caraka selesai.

Posku, serem. Aku punya feeling yang kuat. Feeling yang ditularkan nenekku. Aku ga bisa lihat makhluk halus tapi aku bisa ngerasa. Ngeri banget deh. dan waktu aku jaga pos itu, aku sempet merinding. Bukan takut, tapi karena aku ngerasa ad yang ngawasin. Udah pasti Allah dan malaikat dan setan. Tapi ada yang lain. Sebenernya kalo aku mau cari2 bisa aja, tapi aku buang pikiran itu jauh2. Eh ternyataa, beberapa peserta cerita kalau after pos terakhir mereka ngeliat sesuatu. Padahal pos terakhir emang bener2 terakhir. Gada pos bayangan (pos hantu) kayak yang lainnya. Tapi anak2 ngeliat. kata mereka semacem putih2 gitu. Yaampun! Pantesan, selama akujagain pos terakhir, aku mau nengok terus ke belakang, ternyata emang bener, di sekitar arah yg aku tengok itu mereka liat sesuatu.

Selesai caraka sekitar 4.30 aku ke tenda. Ada beberapa panitia yang bisa tidur lagi. wah enak-__- beberapa yang lainnya tetep bangun karena masih merinding, mereka ditakut2in gitu. And me?! Aku kesel banget. Firstly, aku ga bisa tidur lagi. kedua aku nggak ditakut2in sama sekali. Padahal aku pengen banget merasakan sensasi ketakutan baru. Tapi ternyataa. Panitia lain enak. ih kesel D:

Setelah solat shubuh, kita istirahat santai2. Sekitar jam 6 panitia dan amel dan hana pergi menuju pos 1 caraka untuk melihat sunrise. Dari pos 1 itu, viewnya bagus. Tapi karena lama ya gajadi deh. kita malah gelar plastik buat duduk2 sambil makan snek dan nyanyi di tengah lapangan. Trus sarapan deh. peserta materi tali, panitia yang ngasih score gitu. Trus outbound deh. Aku sm Amalia jg permainan pipa bocor bareng Pak Muluk. Tapi setelah 2 grup yg pertama, grup yg lainnya lama. ketahan sm game lain. Giliran pd muncul, datengnya keroyokan.

Pengen deh main. Tapi karena statusku panitia jd gabisa deh. kalo mau cuma basah2an doang. karena males, selese jg pos itu aku balik ke tenda. Mandi-solat-makan. trus santai2 di tenda. Karena bosen, panitia except Amalia pergi ke warung buat makan (lagi) indomie. Ga berapa lama, Amalia yg emg sebelumnya tidur menghampiri kita.

Saat itu sempet panas karena panitia ngeributin haflah. Ya pokoknya begitu deh. sementara itu peserta lg pd fun cooking by pisang di tengah gerimis dan jalan yg licin. Wih. Ohiya, Pak Ghazi sama Pak Djoko pulang duluan loh. Ih sedih deh. mereka mesti istirahat di rumah krn minggunya mrk akan ke Jogja sm ank2 kls 9. Solat maghrib trus presentasi fun cooking. kocak2 loh nama2nya. Semua didominasi dengan coklat meises dan keju. kenapa gitu ga ada yang bikin pisang pake kecap (?)

Trus makan malem sepiring berdua Tika karena kita sama2 udah kenyang. Langsung haflah deh diterangi api unggun. Api unggunnya susah berkobar deh. faktor kayu kali ya, basah mungkin? tau deh. karena api unggunnya ga besar maka suasana jadi dingin-menusuk tulang banget. Btw, haflahnya pada simple loh. Simple tapi keren. Ga kayak ASC2, lbh ribet :D panitia cm present puisi yg baru dibikin 10 menit before acara.

Trus, langsung deh muhasabah. Mungkin lebih tepat dibilang ngelabrak kali. karena muhasabah itu cm ngena sama 1 anak. Tapi tipe muhasabahnya bagus. Cuma penerapannya aja kali ya yg salah. Harusnya diterapkan ke seluruh anak.

Selesai haflah skitar 10.30 lgsg solo camp. Jd anak2 ditaruh sendiri2 dgn jarak 2 meter-an smbl ngisi form gitu. Tapi ga serem ah, soalnya ditaruh di jalan raya dan dkt dgn tmn sndr. Panitia cm keliling2 doang ngecek anak2 tetap pd tempatnya. Gak lama, skitar jam 11.30 kita udh balik ke tenda. Lgsg pd tidur deh.

Jam 4.30 aku bangun, kedinginan. Mungkin karena aku tidur dekat pintu tenda kali ya. Yang jelas aku gemetar hebat loh. Ya aku diem aja sih nunggu dibangunin. Jam 5 br kt dibangunin sm Pak Dian. Aku Karina langsung ke tenda pleton untuk solat shubuh. Abis itu sptnya ada pengumuman tp krn aku disuruh bangunin kelompok venus ya jd ga tau deh.

Pagi itu, seharusnya kita hiking ke kawah ratu. Tapi karena berbagai alasan eh dibatalkan. wah aku kecewa banget. Seumur2 baru kali itu aku akan hiking beneran. Argh. Diganti sm ke air terjun. Bukan yang sebelumnya, yang ini beda. kt guru2 medannya 1/3 kawah ratu. Denger berita itu, kita lgsg packing dan sarapan. Nah, tenda2 kita diruntuhin deh. tas2 dipusatkan di tenda pleton. Langsung deh jalan ke air terjun. Aku mendampingi kelompok venus. Dan jalan bareng hana.

Medannya beneran menantang. Berkelok2 gitu. Sepanjang jalan Pak Hapid nyetel lagu2 konyol dr hapenya keras2. Capek banget! Ga kebayang kalo kita harus ke kawah ratu. Bakal pingsan semua peserta, mungkin. di air terjun aku nyebur. Weh seruu. Airnya dingin2 asik. keren banget.

Pulang dr situ, aku hana berenti untuk makan snek with guru. Trus jalan bersama sari rizky. sepanjang jln hana ngomong yg enggak2 sehingga dy kepeleset dan..:

Hana: Asma, emangnya blablablabla iya ga?
Asma: Ga tau ah! Jgn gosip hanaa! kualat loh.
Hana: enggak eh eh.. (kepeleset). Eh pisang!

Wakakakak hana latahnya ‘pisang’! nyahahaha. Btw, balik dr air terjun aku lgsg mkn siang, mandi, solat dan upacara penutupan. Pengumuman pemenang blablablaa. Trus lgsg deh naek ke tronton. Di tronton tuh yaampun banyak kejadian kocak. Jadikan ceritanya rizky lg makan kacang, trus Syahid mau minum. karena iseng, pas syahid lg mangap rizky masukin kcang. Ya keselek lah syahid! Tapi itu beneran lucu. Sori ya syahid.

Rizky: sori ya hid?!
Syahid: (masih shock abis keselek cuma ngangguk2)
Rizky: kacangnya lo kemanain?
Syahid: gw makan.

Wakakakak ya ketawa lagi lah. Org mah kalo keselek muncrat2. Ini. Nyahahah. Ada banyak kejadian kocak lain tp aib ah. Tronton kita berisiik banget. Pada nyanyi2 smbl mukul galon. Yaampun. Trus ada kejadian kocak juga tentang toilet.

Jadikan anak2 pd mo ke toilet, terus, bu Lia (dr tronton di blkg kt persis) nyuruh kita kalo mau ke toilet pukul aja kaca yg deket sm sopir 2 kali. Entar supirnya bakal belok ke pertamina. kita udah mukul2 berkali2 tp supirnya ga ngerti. Terbukti pas ada pertamina supirnya bukannya belok malah lurus terus. karena emang pd ga tahan kita teriak2 kyk org apaan tahu. Mukul2 kaca berkali2. Ngeluarin kepala ke jendela dan teriak2 kayak orang apaan tau. Trus supirnya nengok kebelakang dgn pandangan bingung. Ank2 pd tereak2 trus pd megang perut smbl nunjuk arah pertamina depan. Trus supir itu ngangguk2. Pfuih, smp di pertamina lgsg pd keluar semua. Yaampuun.

Sampe di sekolah pas banget azan maghrib. Aku beresin ransel trus langsung pulang by angkot. Very great experience.. tp soal caraka malam tetap lbh keren caraka ASC2. Selain pocongnya lebih ‘real’, tntangannya jelas lebih mistis. Hehe.

No comments: