Feb 27, 2009

Kesalahan Konteks Bahasa

Kadang-kadang aku sering berpikir, tentang why dan cause. Di keluargaku nih, sering sekali terjadi kesalahan pada susunan (it mean KONTEKS for me) dalam penggunaan BAHASA INDONESIA. Iya, yang ditanya apa, eh dijawab ‘apa’. Misalnya, kalau di buku-buku bahasa, ada pertanyaan:

-“Kamu sudah makan atau belum?” pasti jawabnya, “sudah/belum”

-“Kamu sudah shalat atau belum?” jawabnya, “sudah/belum”

-“Apakah kamu sudah belajar?”

Tapii, kenyataannya gak gitu. Ada orang (mungkin banyak) yang kalo ditanya pertanyaan di atas, jawabnya:

- “emang makanannya apaa?” atau “aku belum lapar tuh”

- "emang udah azan yaaa?”

- “gak ada peer/ulangan tuh!”


kesannya ga nyambung kan yaa? Emang ga nyambung, tapi asal tau aja nih, menurutku jawaban ga nyambung macem itu malah ngirit waktu. Kenapa? karena orang yang menjawab kayak gitu, rata rata menjawab WHAT dengan CAUSE. Ga ngerti ya? Jadi gini. Kan ada orang nanya WHAT, biasanya setelah orang itu nanya WHAT dia bakal melanjutkan dengan pertanyaan WHY agar si penanya bisa tau CAUSEnya si penjawab kan?! Nah, dengan jawaban ga nyambung, cukup dengan pertanyaan WHAT, si penanya langsung mndapatkan CAUSEnya si penjawab. Ribet ya? Tapi emang gitu kenyataannya.. aku ga bisa ngebayangin bakal kayak apa versi inggris WHAT and CAUSE kayak diatas..

Ada lagi, ini kesalahan konteks yang menurutku ada hubungannya dengan MATH. Jadi kalo di mtk itu kan (-)(-)=(+) ya? Berarti kalo ada kata (tidak)(tidak)=(iya). Kalo gitu, berarti kalo ada pertanyaan:

- “kamu tidak BISA ya?” terus si penjawab bilang “TIDAK”, berarti itu tandanya si penjawab BISA ya?, padahal maksud penjawab TIDAK BISA??

Rrr, aku belum ngerti deh. kehidupan emang ga bisa disamain terus sama teori yang ada. Sampai saat ini belum ada perguruan yang mengatur cara bicara muridnya secara detail. Tau deh ahh..

No comments: