Feb 27, 2009

BE CAREFUL FOR CHAT MANIA

Hari minggu kemarin, aku iseng-iseng baca koran. And I found a really great article. Its about social process in internet (CHATING). (sok inggris banget siih. Udah ah, pake indo)..Jadi, baru-baru ini, ilmuan di inggris meneliti tentang pengaruh facebook, friendster, etece buat tubuh. Ternyata oh ternyata, terlalu banyak berhubungan sosial via internet itu dapat ngerubah hormon kita sama ngerubah alur peredaran darah ato apaa gitu. Dampaknya, orang bisa kena penyakit stroke, kanker, etece.

Kok bisa? Ya bisalah yaa. Apalagi buat orang pendiem yang mendadak cerewet di internet. Harus hati-hati. Biasanya, orang yang maniak sm forum cetcetan gitu, waktunya untuk berkomunikasi di dunia nyata semakin berkurang. Bahkan diprediksi, hingga beberapa tahun kedepan, akan semakin sedikit orang yang berinteraksi secara langsung (tatap muka).

Aku pikir, artikel itu sih bukan kabar burung (kabar yang gajelas). Dalam islam, semua yang berlebihan itu ga baik kan? Berlebihan itu kan sifatnya setan. Aku juga berpendapat, bagemanapun emang tatap muka itu better than chat”an. Kalo tatap muka, orang-orang bisa ngeliat bahasa tubuh lawan bicaranya, suaranya, ekspresinya. Apakah lawan bicaranya lagi sehat ato gelisah.

Selain itu, pernah gak ada semacam perasaan lega kalo abis ngobrol LANGSUNG? Kalo aku, selalu. Kalau chat, kita gatau gimana perasaan pasti lawan bicara kita kan? Kita cuma bisa nebak, meski lawan bicara kita bilang perasaannya, itu ga pasti, karena kita ga liat langsung. Kalo kita bicara LANGSUNG, kemungkinan untuk tau perasaan lawan bicara kita tuh gede. Loh? Iya, dari eye contact nya, dari sebesar apa lengkung senyumnya, warna mukanya, kenaikan alisnya, hidungnya, etece.

Gimana kalo pake video call? mungkin dampaknya juga hampir-lah, tapi ga seberat yang pure chat kyk fs fb. Video call emang ga sayang? Emang orang itu cuma chat sama kita? Lagian, emang semua orang, punya gitu alat pendukungnya? Jawabannya enggak.

Intinya, artikel ini cuma pendapatku ya. Kalo kalian ga setuju ya sutrah. Ga ada kok yang ngelarang kita untuk ber ym msn fb an. GAK ADA. Cuma, ga usah berlebihan ya pren. Bahkan aku juga punya (wehehe).

No comments: