Oct 22, 2010

AKU SADAR part2

AKU SADAR part2

Aku jadi ingat cerita ukhti2 ttg senior CM yang luar biasa kerennya. Ah jangankan senior, yang sekarang masih ada di CM aja kadang2 bikin bengong. Bikin ngiler. Bikin iri setengah idup. Setiap denger cerita gitu mataku berbinar2 dan ah aku jd pengen kaya mereka. Aku pingin bgt kaya mereka. Apasih yg ada di otak mereka? Apa target mereka? Apa mimpi mereka? Apa? Apa bisa aku kaya mereka?

Jawabannya tentu aja bisa. Kalo orang lain bisa aku harus bisa. Cuma disini harus ada yang diubah. Pola pikirnya itu. Selama ini aku selalu ngejar hal2 kaya gitu tp kemudian aku liat cara belajarku dan kemudian membayangkan cara belajar mereka. Mereka, lintang, fariz, yusuf, ukht ainina, ukhti anis, akh irfan, akh algi (hah sekalian aja sebutin semua anak CM!) oke, intinya mereka semua, mereka ngga menganggap diri mereka pintar. Mereka melakukan apa yang mereka suka dan apa yang mereka mau.

Oke mungkin aku soktau atau apapun itu. Tapi lintang menanggap dirinya sendiri bodoh. Begitu pula Farah. Aku yakin itu. Aku tau. Tapi aku biarkan itu hanya sebatas pengetahuan. Aku ngga ngaplikasiin itu ke hidupku sendiri. Meskipun tulisan2 itu udah kutempel dan kubaca berulang-ulang, kalo ga direnungi sama aja dongdong-_-
Ilmu itu luas. Dan menggali samudera itu ngga akan ada habisnya –Lintang Laskar Pelangi.

Dalem banget. Dalem banget. Harusnya aku selalu inget itu, ilmu itu luas. Luas banget. Menggali samudera ilmu ngga akan ada habisnya. Ngga akan. Makanya sampe ada hadist ‘tuntutlah ilmu dari buaian hingga ke liang lahat’. Betapa Allah merintahin kita untuk selalu belajar. Sampai mati.

Aku emang terlalu sombong. Aku terlalu sok. Aku selalu nganggep aku udah bisa padahal nilai utsku remed semua. Aku terlalu malas bahkan untuk belajar. Aku manja banget sih. Kenapa aku ngga maksa diri sendiri untuk belajar sampe malem kayak lintang yang belajar sampe larut. Di pinggir pantai, malam hari. Setelah seharian dia sekolah yang jauhnya minta ampun terus kerja. Tp mata dia masih melek aja buat belajar. Ngga ngantuk apa?

Biasanya kalo udah ngantuk aku tidur aja gitu. Tidur. Aku gamau sakit. Pemikiran yang bodoh banget. Paksa diri kamu buat belajar ma. Kamu itu bodoh kamu tau itu? Kamu itu bodoh ma. Dari novel NEGERI 5 MENARA ada satu bab dimana si tokoh belajar buat ujian sampe bergadang. Sahirul lail kalo ngga salah. Kalo kamu mau lebih dr yg lain, maka berbuat lebihlah dr yang lain. Jangan samakan kamu sama anak yg pinternya alami, yg gausah belajar juga udah pinter.

Orang2 yg tadi aku sebutin itu, mereka itu apa adanya. Mereka ngga muluk2 kok. Tp aku yg terlalu muluk. Mereka, kaya kata novel LET GO: orang yang apa adanya dan tidak berusaha menjadi orang lain adalah orang yang sangat keren. Kamu kebanyakan mimpi ma. Belajar jd org yg apa adanya bisa ngga?

Kamu itu bodoh ma. Kamu bodoh. Tapi kamu bisa belajar. Kamu masih bisa buat belajar lebih keras. Disini ma tempatnya buat kamu belajar gila-gilaan. Di Cahaya Madani Banten Boarding School. Ayo ma. Kamu bisa ma. Kamu pasti bisa asma azizah. Mungkin kamu ngga akan secemerlang lintang tapi kamu bisa coba belajar ma. Kamu bisa kalo kamu usaha asma. Kamu bisa ma. Kamu harus jadi orang bodoh yang selalu berusaha. Bukan orang pintar yang malas. Bukan orang pintar yang dengan tidurpun bisa menang ini itu. Kamu bukan mereka ma. Kamu yang harus berusaha, usaha kamu akan membedakan kamu dengan orang-orang itu, di masa depan nanti.

Ayo asma semangaaaaaat!

No comments: