Mar 30, 2017

Cerita Kompre FK UNS Batch 1 2017

Bismillah..
Sedikit ingin berbagi kisah tentang perjuangan kompre. Semoga bermanfaat dan berharap ada syukur yang selalu hadir tiap membacanya.

Ujian Komprehensif atau yang biasa disapa kompre adalah ujian yang harus dilalui semua mahasiswa kedokteran UNS sebagai syarat masuk pendidikan profesi (koas). Isi ujiannya kurang lebih mencakup semua materi yang sudah dipelajari selama preklinik 7 semester. Ada ujian teori dengan sistem CBT (computer based test) dan ujian praktek alias OSCE.

Bukan hanya ujiannya saja yang penuh pressure, tapi persiapan menghadapi ujian itu, jujur saja, menghadirkan banyak air mata.

Tidak percaya diri, merasa tidak sanggup menghadapi tekanan, merasa minder melihat teman-teman yang terlihat lebih oke persiapannya. Dan banyak hal lain. Pada kasus pribadi, setiap saya mempersiapkan ujian ini, setiap itu pula terngiang tentang ketulusan dan keikhlasan niat untuk menjadi dokter.

Persiapan ujian sudah dilakukan dari januari. Kami mulai membentuk kelompok dan membuat jadwal belajar. Hari ini blok ini, besok blok itu, di sela-sela diisi dengan tentiran osce kompre oleh mas mbak koas. Pas buat jadwal rasanya ringan banget, prakteknya? Eng I eng.. karena mayoritas dari kelompok kami belum selesai skripsi dan naskah publikasi sebagai syarat SKLS (surat keterangan lulus skripsi, digunakan sebagai syarat SKL yg nantinya dipakai untuk daftar kompre), maka jadilah jadwal itu tidak bisa dipenuhi dengan baik. Ada saja yang izin setiap harinya. Bahkan seringkali kami tidak jadi belajar bareng karena kendala urus skripsi dan naspub dan sebagainya. Akhirnya mendekati kompre CBT (tahun ini komprenya CBT dulu), akhirnya malah pada belajar sendiri karena harus super ngebut ngejar semua blok.

Hari H CBT (9 Maret 2017)
Alhamdulillah sy dapat jatah CBT kloter terakhir yaitu jam 13.30 – 16.30. Yah setidaknya masih ada waktu untuk ikhtiar dari pagi – siangnya. Setengah jam sebelum ujian, sy sampai di lokasi ujian. Ternyata, ujian CBT hari itu molor karena kendala server. Kami baru masuk ruangan sekitar jam 14.40 an. Dan jujur saja, karena ini pertama kalinya cbt, rasanya agak palpitasi. Tunggu, sepertinya bukan karena cbt nya, sebenarnya palpitasi karena ketar ketir dengan soalnya, khawatir nanti tidur apa engga di tengah2 ujian (konyol sih tapi sy beneran mengkhawatirkan ini). Tapi Alhamdulillah akhirnya ujian bisa dilalui walaupun dengan banyak soal yang dikasih flag (tanda) karena dilewat atau karena ragu.

Begitu CBT selesai, seharusnya saya langsung berlari buat persiapan OSCE KOMPRE (yang alhamdulillahnya saya dpt jatah ujian hari jumat alias hari terakhir). Tapi nyatanya, saya butuh 3 hari untuk mengumpulkan semangat dan meluruskan niat untuk mempersiapkan osce. Yap, sempat berpikir untuk tidak osce dulu. Alasannya klasik: belum persiapan (waktu itu buku UBA-udah belajar aja- masih mulus banget padahal udah h-seminggu), kalaupun lulus belum siap buat koas (rencana mau kabur dulu nyiapin mental), dan alasan-alasan lainnya. Tapi akhirnya, yasudahlah, bismillah saja. Anggap aja osce kompre adalah bagian dari pendidikan, bukan hanya pendidikan akademik tapi juga pendidikan mental yang Allah ingin kita merasakannya. Dan anggap saja persiapan ini adalah bagian dari tholabul ilmi yang semoga, dihitungNya sebagai jihad.

Singkat cerita, selama 5 hari persiapan osce saya pindahan sementara ke haura, kosbin fk yang isinya juga teman-teman yang akan osce kompre hari jumat. Sempat juga kami meluangkan seharian untuk kumpul sama teman2 1 shift jumat untuk belajar bareng. Dan lucunya, osce terakhir selalu menghadirkan cenayang. Hehe. Semacam mencoba membaca pola dan mengira-ngira kasus apa yang akan keluar walaupun kami tahu, tidak boleh bergantung dengan perkiraan, tetap harus belajar semua. Dan.. akhirnya datang juga hari itu

OSCE KOMPRE (17 Maret 2017)
Ini urut sesuai dengan stase yg sy masuki

1. Stase Special Sensory (Mata-Kulit-THT)
Pas baca soal, tiba-tiba ngeblank. Blank dengan nama penyakit. Tiba-tiba semua penyakit rasanya hilang dari kepala. Tapi, Bismillah..

Anamnesis pelan-pelan, pemeriksaan dengan deskripsi UKK (ujud kelainan kulit) yang seadanya, simulasi palpasi, usulan pemeriksaan penunjang (tzank test), edukasi. Dan karena ga diminta resep akhirnya cuma edukasi biasa aja.

Entah karena stase pertama dan mungkin karena emang kurang belajar, sy nervous banget. Nyebut UKK sampai salah-salah dan nyaris pas nyebut diagnosis juga kebolak-balik. Ragu-ragu antara herpes zoster atau varicella. Tapi ala kulli haal Alhamdulillah selesai. Pengujinya sempat nanya beberapa pertanyaan, dan alhamdulillahnya pas ada pertanyaan yg gabisa, dan jujur bilang “maaf dokter saya lupa namanya”, alhamdulillahnya beliau ga langsung menjatuhkan mental. Bahkan di akhir beliau ngasih saran untuk bicara dengan bahasa pasien, dsb dengan kalimat yang sangat membangun. Jazaakumullah khairan dokter. Sikap dokter benar-benar membantu saya menghadapi stase selanjutnya.

2. Stase obsgyn
Selesai kasus kulit, langsung masuk obsgyn tanpa ada istirahat (istirahat semenit pas duduk sama baca soal ding hehe).

Kasusnya pasien hamil datang dengan keluhan nyeri panggul / perut (lupa).  ANC pelan2 dan berusaha setenang mungkin. Lanjut Pmx fisik leopold. Leopold 1, dengan dodolnya aku bertanya ke penguji: “leopold 1 nya bagaimana dokter?”, alhamdulillahnya dokternya ngasih tau walau sambil senyum2. “abis ini nebak sendiri ya”. Yasudah habis itu bener2 diraba sendiri, alhamdulillahnya keraba. Pas mau auskultasi DJJ (denyut jantung janin), “kamu mau pake apa itungnya?” nahloh. “dihitung 5 detik pertama, 5 detik ketiga dan kelima dokter” “nah iya, kamu ngitung 5 detiknya pake apa? Kan kamu gapake jam tangan” NAHLOH! Sesaat diem, trus nyari jam dinding siapa tau bisa ngitung pake itu. Ternyata, jam dindingnya pas di atas kepala saya, jadilah akhirnya senyum senyum lagi (padahal aslinya pengen nanya ke dokternya: DJJ nya berapa dok? Tapi ga berani karena dokternya nyuruh itung sendiri). Akhirnya.. “yaudah dek, coba kamu dengerin, trs kamu tebak deh, kalau tebakanmu bener nanti saya kasih nilai maksimal” waduh. Akhirnya nembak 120 dan salah. Hehe yasudahlah.

Abis itu mau lanjut VT tapi galau. Di VT ngga yah? Akhirnya beraniin nanya dan kata dokternya gausah. Yaudah, balik lagi ke meja, ngitung HPL (hari pasti lahir) trus lanjut edukasi. Intinya nyerinya karena hamil aterm dan kepala janinnya juga udah masuk pintu panggul, cuma belum ada tanda2 persalinan kaya his/kontraksi, lendir darah atau ketuban pecah. Pasien diminta istrihat dsb dsb.

Dan, di stase ini sisa waktu banyak banget. Alhamdulillah probandus/pasien dan dokter penguji humble banget. Sampai bisa ngobrol, dokternya juga ketawa2, sampai ngomongin kerjaan, nyantai banget masya Allah..

3. Stase bedah-uro
Lanjut stase ini agak shock karena dapet kasus mammae. Padahal prediksi awal dapetnya bedah/hecting/jahit aja. Oke. Anamnesis pelan-pelan, tapi gabisa pelan karena curiga kanker jadi yang ditanya banyaaaaaak banget termasuk riwayat kanker keluarga, mentruasi pertama kapan, riwayat melahirkan menyusui.

Pas mau vital sign, tidak seperti 2 stase sebelumnya, stase ini.. bener2 ngukur tensi pasiennya dan yang bikin harus banyak sabar adalah, sedetik abis ngelepas stetoskop dari ngukur tensi, dokternya ngasih tau tensi berapa. Hahaha terimakasih dokter :)

Lanjut pemeriksaan mammae. Mengais ingatan SL dan osce mammae beberapa tahun lalu. Dan ini bener-bener harus nemu sendiri benjolannya. Kalau pas osce mammae jaman dulu udah ada patokan tuh, bagian ini benjolannya berapa, ukuran segede apa, letaknya dimana (letak anatomis) dst. Jadi ngerabanya udah yakin pasti ketemu, dan pas laporan juga lancar. Nah pas osce kompre ini, lupa semua hafalan itu huhuhu. Pokoknya dipalpasi aja sampai ketemu. Pas ketemu yaudah diomongin aja sebisanya. Akhirnya ya entahlah sepertinya deskripsi letak anatomis dan ukuran yang disampaikan sangat ngaco sampai bikin kening penguji berkerut.

Lanjut nulis rujukan. Dan bel berbunyi. Hwoa panik. Rujukan belum selesai. Akhirnya seadanya banget nulisnya sampe disingkat2 trus sambil nulis rujukan sambil cuap-cuap pemeriksaan penunjang. Pokoknya di dalem ruangan sampe mentok, sampe ada perintah untuk orang setelah kita masuk, baru keluar.

Pas keluar, masuk ke stase istirahat. Disitu baru inget kalau belum nyebut diagnosis banding. Nice. Alhamdulillah.

4. Stase kardio-respi
Selesai istirahat masuk stase kardiorespi dengan kasus lelaki 68 thn sesak. Dari baca soal kayanya ini PPOK. Tapi entah kenapa pas lagi anamnesis, ragu-ragu. Ini kasus kardio atau respi. Huwaaa. Sebenernya udah ngira ini kardio. Soalnya pas nyuruh probandus buat buka baju dan periksa posterior, probandusnya agak canggung gitu hehehe tapi karena ragu.. akhirnya aku Cuma diem dan bilang ke penguji: “maaf dokter. Saya bingung ini saya harus pemeriksaan jantung atau paru”. Akhirnya dokternya minta pemeriksaan 22nya. Pas dada posterior belum selesai diperiksa, dokternya minta anterior aja. Pas anterior periksa, aku bingung lagi. Ini aku harus respi atau kardio? Yaudah akhirnya itu pemfis seadanya banget.

Pas duduk ke meja pasien, langsung penguji bacain semua hasil pemeriksaan fisik. Dan itu, aku beneran ga bisa nangkep. Di telingaku terdengar penguji bacain semuanya dengan sangat cepat. Dan semua kalimat itu rasanya berputar-putar di kepala. Pas sadar, aku buru2 nulis di kertas beberapa hal yang penguji sampaikan. Selesai penguji baca, aku diem. Pas ditanya diagnosisnya, aku kacau jawabnya. Pas ditanya, yang mana aja yang abnormal, aku juga cuma bilang yang bagian akhir2 kaya batas jantung (yang sempet kecatet itu, sisanya nguap). Dan waktu habis. Penguji sempet ngejar dengan pertanyaan kaya ddx sama terapi, tapi kujawab dengan kacau juga dan akhirnya aku keluar dari ruangan itu dengan melas banget dan minta maaf entah udah kaya apa mukaku.

5. Stase neuro-muskulo-psikiatri
Move on ke stase selanjutnya, kali ini juga tanpa istirahat. Masuk, Alhamdulillah anamnesis lancar. Pemeriksaan KU VS simulasi. Pemeriksaan fisik, walaupun ROM kacau balau, karena entah kenapa tetiba semua ingatan tentang nama2 gerakan ROM kaya hilang dari kepala, tapi Alhamdulillah pas penguji bacain rangkuman pemfis, speednya lebih pelan dan bisa nangkep maksudnya. Pemeriksaan penunjang (rontgen) alhamdulillah lancar. Diagnosis Closed fracture regio antebrachii dextra 1/3 distal. Dan pasien diusulkan untuk bidai.

Pas mau masang bidai, dan ngeliatin meja alat, bingung kok kainnya Cuma satu, adasih banyak tali dan bisa dipake buat ngiket juga, tapi.. tapi biasanya pake kain. Akhirnya aku ragu2 mau ngebidai.
“kenapa dek?”
“saya bingung dokter mau ngebebat atau ngebidai”
“dari hasil pemfisnya gimana tadi?”
“fraktur dok”
“maka yang harus kamu lakukan sebagai pertolongan awal?”
“bidai dok”
Dokternya ngangguk.

Trus aku masih celingukan gitu bingung
“nyari apa dik? Ada yang tidak ada?”
“itu dok, buat ngiketnya..”
“pakai tali saja”

Langsung habis dibilang gitu, gercep ngebidai. Dan pas ngiket grogi banget. Aku masih pake cara ngiket seakan2 itu kain bukan tali. Hasilnya kurang kenceng gitu huhu.

Trus pas udah selesai, dokternya mancing lagi: ngga mau dikasih apa-apa buat ngebantu pasien nopang tangannya?

Akhirnya masang mitela, dan Alhamdulillah probandusnya sangat gercep sekali, ngebantuin gitu jadi masang mitelanya cepet.

Terakhir, nulis surat rujukan kalau ngga salah, lupa2 inget.. selesai dari sini, masuk ke stase istirahat dulu baru abis itu stase GIE.

6.  Stase gastro-infeksi-endokrin
Stase ini dapat kasus masang infus. Karena perintah di soal Cuma pasang infus, aku dengan pedenya begitu masuk langsung nanya: “dok, ini langsung dipasang?
dibaca soalnya” ucap penguji singkat.

Nahloh. Aku baca lagi soalnya, bolak balik baca dari atas ke bawah. Perintah di soal Cuma bilang pasang infus.

Yaudah lah ya akhirnya aku informed consent ke pasien. Perkenalan singkat, trus minta pasien ttd. Habis itu cus masang.

Persiapan alat hampir aja kelewatan. Alhamdulillah inget masang plester sebelum cuci tangan, dan pas mau gunting plester:
plesternya digunting nanti aja”
WHAT.
tapi dok, kalau digunting nanti lengket” belum keucap itu kata lengket dokternya langsung bilang, “nanti aja plesternya. Kamu mau nyebar infeksi ke pasien?
Oke.

Pas nyiapin infus set sama masang flabot, cairannya gamau ngalir. Panik. Akhirnya infus set yang seharusnya diisi setengah, aku full in. baru abis itu cairan mau ngalir. Tapi pas mau lanjut..
itu harusnya diisi berapa banyak?”
“setengah dokter..”
“balikin lagi”
APA.
balikin lagi sesuai yang seharusnya
Akhirnya flabot yang tadinya udah kugantung, kuturunin lagi. Cairan yang diinfus set kukosongin. Trus balikin lagi ke gantungan, baru diisi setengahnya.

Lanjut masang abocath di tangan, Alhamdulillah langsung keluar darah, dokternya sempet melihat dari dekat. Trus abis itu pas mau masang plester mikir keras. Tanganku berhandscoon, megang infus juga biar ga bocor, tapi harus gunting plester. Akhirnya susah payah berusaha gunting dan…
tuhkan bisa kan
Surprised dibilang kaya gitu, apalagi muka penguji jadi lembut gitu :’)
iya dokter..
Mission complete Alhamdulillah.
Balik lagi ke meja pasien trus ditanya beberapa hal sama penguji. Pasien dehidrasi ringan/sedang/berat. Kenapa bisa dikatakan begitu, dst.
Alhamdulillah, ngga sehoror yang kubayangkan.

7.  Stase basic life support
Alhamdulillah stase terakhir. Kasus seorang pasien tenggelam di danau.

Urutan pertolongan kacau balau. Udah berusaha manggil pertolongan, udah nepuk2 si pasien. Tapi trus lupa dipindahin ke tempat datar. Langsung cus CAB aja. Pas mau RJP baru bilang: seharusnya tadi pasien saya pindahkan dulu ke tempat datar. Daan, RJP dimulai.

Hitungan RJP ku kacau balau entahlah. Biasanya aku selalu ngitung manual atau 1-10-1 1-10-2 1-10-3. Tapi entah kenapa pas ujian aku Cuma ngitung 1-10 bolak balik. Ajaibnya, setelah 1 siklus, pasien ternyata respons nadinya. Padahal sempet suudzon sama penguji gara-gara pas ujian BLS dulu, aku dikerjain sampe 3 siklus.

Lanjut ke kasih bantuan napas, berkali2 dikasih, dan ngga ada juga responnya. Mulai panik. Kalau Cuma sekali dua kali ngasih bantuan napas okelah. Tapi itu sampai 10 kali ada kali. Sampai berkali2 ngeliat jam buat mastiin detiknya. Tp tetep aja ga muncul2 L. Akhirnya penguji angkat bicara juga: coba ngasih bantuan napasnya yang bener, nanti pasti muncul napas spontan.

Disitu mulai curiga. Akhirnya aku coba perbaiki posisi, semuanya dibenerin. Tapi ga muncul juga akhirnya aku nyerah dan nanya: maaf dokter, saya salah dimana ya?

Dokternya malah nyuruh aku nyebutin sendiri. Oke, aku mengakui aku chin liftnya ngga dari awal, alias di tengah2 baru chinlift. Trus aku mengakui posisiku memberi napas buatan juga mungkin salah.

Dan kemudian: tanganmu itu nutup mulut pasien dek.

Aku diem, lah, perasaan ni tangan daritadi nutup hidungnya, bukan mulutnya.

maaf dokter, dari tadi saya nutup hidungnya kok”

“kamu dikasih tahu jangan ngelak dek, saya ngeliat dari atas sini”

Jleb. Diserang gitu aku langsung nunduk. Mau nangis. Akhirnya dengan posisi masih berlutut (krn abis ngasih bantuan), ditambah takut dan malu untuk berdiri; akhirnya aku mendengarkan nasehat dokternya dengan berpangku lutut dan menunduk. Entah berapa lama. Sampai dokternya selesai trus baru aku beraniin duduk ke kursi anamnesis pasien. Dan setelahnya cuma hening di ruangan sampai bel berbunyi.

Stase ini bener-bener bikin down. Alhamdulillahnya stase akhir. Pas selesai dari sini, teman2 lain masih ada yang masuk stase, karena sudah selesai, aku masuk ke stase istirahat. Dan di dalam ruangan rasanya down banget. Langsung buka jas lab. Trus sholawatan sama murojaah. Mau nangis tapi bingung. Akhirnya malah liat-liat ke luar jendela. Dan, disitu jadi bisa merenung dan bersyukur. Alhamdulillah, Maha Besar Allah yang telah memampukan hambanya yang lalai ini untuk menyelesaikan osce. Setidaknya, ini jadi pelajaran berharga kalau mau osce lagi.


***

Pelajaran yang bisa dipetik dari sini

1.       Jangan pernah mengandalkan prediksi apapun.
Contoh, kita prediksi bakal keluar hecting, tapi ternyata keluarnya ca mammae.
Berusahalah belajar semuanya.

2.       Ikuti baik2 peraturan
Contohnya aturan bawa jam tangan. Saya sempat mengabaikan aturan ini karena selain ga punya, di osce sebelumnya juga jarang banget make jam tangan. Akhirnya kaya nyepelein aturan gitu. Dan, yap saya kesusahan sendiri pas ngitung DJJ

3.       Hadapi saja
Hadapi saja ujiannya, dan terus berbaik sangka dengan Allah. Allah Maha Kaya. Allah takkan pernah menyia-nyiakan hambanya..


Yap sekian yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat, dan memacu untuk semangat belajar mempersiapkan :D

No comments: