Apr 1, 2017

Bahagia karena Berbagi

Ada satu kebahagiaan yang kurasakan Jumat lalu. Yang alhamdulillah, sampai hari ini bila mengingat momen itu, berhasil menghadirkan rasa syukur dan gembira tiada terkira :)

Ceritanya, Jumat itu alhamdulillah dapat kesempatan untuk berbagi ilmu molecular docking (moldock) dengan mahasiswa S3 di FK UNS.

Workshop moldock memang biasa diadakan setiap tahunnya. Tahun lalu alhamdulillah aku ikut sebagai peserta.

Workshop ini sasaran utamanya adalah mahasiswa S3, alias murid-murid dr. Dono Indarto.

Tahun lalu, workshop digabung dgn S2 dan S1 (aku dan teman2 yg ngambil skripsi moldock).

Tapi tahun ini, workshop dikhususkan untuk S3. Mas yoga, febri, dan khariz, diberi tugas khusus untuk memperbarui buku panduan sekaligus jadi pemandu pas workshop itu.

Aku? Aku warga biasa hehehe.

Mulanya aku tidak tahu menahu. Sampai h-2 workshop, Febri minta tlg agar aku bisa ikut bantu teknis hari H juga.

Hari H workshop aku deg2an. Agenda padat merayap jadi belum sempet buka2 lagi moldock. H- 2 jam febri kirim buku petunjuk moldock yg sudah diedit. Pas ngeliat namanya

Penyusun:
dr. Dono
YMP, dr.
KF, S.Ked
FDN, S.Ked

Trus ada nyes nyes gitu. Dari cuma nyes minder sama dokter dono sampai nyes alay karena namanya ga dipajang (krn emang ga bantuin). Astaghfirullahal'adziim..

Ternyata masih sekecil itu keinginan belajarku. Duniawi banget :""""

Sampai akhirnya. Hatiku memarahi.

Hei kamu. Tetaplah berkarya dimanapun posisinya. Tetaplah bermanfaat tak peduli apa statusmu.

Akhirnya, bismillah berangkat juga.

Sampai di gedung S3, melihat penguji skripsiku masuk, aku tambah deg2an. Duh gimanaaaa.

Beneran, pas masuk ke ruangan. Ternyata muka peserta workshopnya sangat familiar. Ada dosen penguji skripsiku, ada dosen lab, ada dosen editor naspubku. Dan dosen penguji skripsi yg sangat kusayangi, dokter Ratna langsung memanggilku untuk duduk di samping beliau.

Syukur Alhamdulillah, kenyataannya tak semengerikan yang kubayangkan.

Dosen-dosen peserta bersikap sangat ramah sekali. Sesekali aku dipanggil. Sesekali mereka bertanya. Sampai akhirnya terlibat diskusi yang seru tentang moldock.

Dan walaupun selama workshop, ada yang kuajari dan masih gagal, eror dsb, walaupun selama workshop aku mondar mandir juga nanya ke febri dan masyoga krn khilaf suatu hal, walaupun penuh kekurangan disana sini, tapi Masya Allah para peserta alias dosen-dosen sangat mengapresiasi sekali dan ketika mereka mengucapkan terima kasih, rasanya aku pingin meluk mereka. Terima kasih krn sudah mendengarkanku yang penuh kekurangan ini. Yang pasti tidak ada apa-apanya dibanding ilmu yang pernah mereka sampaikan.

Alhamdulillah.
Alhamdulillah.
Alhamdulillah.

Terima kasih Allah, sudah mengizinkanku untuk belajar di forum akademisi lagi. Yang penuh dengan atmosfer ingin belajar dan saling menghargai satu sama lain.


اَللهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَخَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ

No comments: