Jan 27, 2014

sepetik hikmah dari ABTS

Bismillahirrahmaanirrahiim
                Alhamdulillah, akhir pekan kemarin Allah beri kesempatan untuk mengunjungi SMAN CMBBS tercinta dalam rangka ABTS dan silaturahmi dengan  kawan, guru, adek kelas, dsb.
                Bermalam di kamar anak kelas 3, ana merasa diingatkan berkali-kali oleh Allah. Waktu pertama kali masuk ke kamar 203 masqod, kebetulan mayoritas penghuni kamarnya lagi di masjid. Jadilah, bukannya rebahan ana malah liat-liat tempelan anak kamar itu. Dari mulai tempelan universitas impiannya, tempelan doa belajar, sholawat, sampai ucapan ulang tahun. Mata ana memanas, terlebih waktu lihat foto seorang penghuni kamar itu di depan gerbang FK UNS, saking penginnya dia kesana (moga Allah mudahkanmu nak :’) ). Capek lihat-lihat, ana duduk, menunggu khaulah dan indah selesai sholat. Selesai mereka sholat, bukannya ngasih kesempatan buat doa, ana malah nanya
“kalian.. gimana rasanya diterima di tempat yang bener-bener kalian pengin?” Hahaha pertanyaan apa kali ya. Entah, sore itu tiba-tiba keluar begitu aja tuh pertanyaan.
“ente kenapa ma nanya begitu?”
“nggapapa, mau tau aja. Abis ana hamper ngga tau rasanya kaya gimana..” pernyataan terakhir ini malah bikin ana pengin nangis. Pernyataan yang bikin khaulah dan indah teriak ASMAAA. Dan ana Cuma nyengir salah tingkah.
Khaulah, mimpinya kuliah di FIB UI Allah kabulkan lewat jalur SIMAK UI. Padahal waktu itu khaulah dapat SBMPTN di FIB Unpad. Khaulah juga dapat kesempatan buat tes Monbusho, tapi ga diambil semuanya. Karena pengin banget make jakun kaya abangnya.
 Indah, Akuntansi UI, Alhamdulillah Allah kabulkan lewat undangan. Indah, dari dulu mimpinya sama. Bela-belain ikut lomba di UI biar bisa dapat undangan akun UI juga. Sempet nangis waktu hasil bimbelnya ga setinggi seseorang yang sekarang udah di FEB UGM, hahaha. Tp Alhamdulillah kan ndah, Allah kabulkan mimpimu :’)
Asma, FK UNS. Ngga ada yang istimewa. Dulu, Asma kan ga pernah punya mimpi jadi dokter. Ana ga pernah nempel ‘FK UNS’ di kamar, ana ga pernah menulis ‘dokter’, pun tulisan mimpi yang ditempel di depan kamar 105 dulu ga ada hubungannya dengan dokter. Masih ingat betul, waktu itu nempelnya ‘Tohoku Univ’ dimana-mana. Bahkan, di 90 dreams nya SGForm, bukan ITB, apalagi UNS, dan sayangnya bukan Tohoku juga tapi ‘Kyushu Univ’. hahaha kalau diingat-ingat, keliatan galau betul ya waktu itu.. yah, tapi akhirnya, Alhamdulillah, luar biasa sekali Kuasa Allah yang menempatkanku di FK UNS.
Balik lagi ke ABTS, ke kamar 203. Penghuni kamar mulai berdatangan. Ada yang biasa aja ngeliat ukhti-ukhtinya, ada yang heboh juga hehehe. Dan malam itu, ana dikerubungi anak-anak yang mau ke FK. Sama seperti ketika ana dikerubungi pas acara UDO di stand UNS. Ana takjub, luar biasa ternyata segini penginnya, segini buanyaknya mereka yang pengen jadi dokter?
Dan menjawab satu persatu pertanyaan mereka, membuat ana berkali-kali diingatkan Allah dengan ayat yang diulang berkali-kali di surah ke 55: Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan?
Banyak yang tanya nilai, strategi, belajar di fk gimana, pertanyaan yang sebenernya ana bingung jawabnya gimana. Soalnya ana ga kaya mereka. Yang belajarnya rajin, sodaqohnya jos, ibadahnya luar biasa. Ana ga kaya mereka yang punya spirit dokter dari kecil. Ana Cuma anak biasa, yang susah lulus biologi, yang Cuma pengin nyenengin umi abinya. Titik. Dan justru karena ana sangat biasa, ana jadi merasa telah menyia-nyiakan nikmat Allah ini, Allahummaghfirlii :’

UDO, ABTS, semuanya itu, benar-benar mengingatkan ana akan nikmat Allah yang satu ini. Betapa Maha Pemurahnya Allah, memberikan jalan dokter ini buat anak biasa ini. Ya Allah ampuni kami dan jadikan kami hamba-hambaMu yang senantiasa bertaubat dan bersyukur :’)


No comments: