Jan 7, 2014

tentang baju yang berantakan

tentang baju yang berantakan, yang kau sembunyikan di lemarimu. kenapa tak kau taruh di atas kasur saja biar semua orang tahu kalau kau malas melipatnya? kenapa malah diumpetin di lemari?

lihat! untuk hal kecil begini saja, masalah baju berantakan saja, kau tak ingin orang-orang tahu akan kemalasan dan keberantakanmu. kau sembunyikan yang berantakan itu, agar kau tetap terlihat rapih. padahal nyatanya, kau malas dan berantakan.

lalu, pernahkah kau menyadari, betapa Maha Penyayangnya Allah? betapa banyak kebodohan-kesalahan-kelemahan-kejelekan-AIBmu telah Allah sembunyikan? semata karena Allah sayang padamu dan tak ingin manusia di sekitarmu menghindar karena aibmu. bagaimana jika Allah perlihatkan itu di dunia? Na'udzubillahi min dzaliik :'

maka perhatikan hadits ini baik2

"Janganlah kalian menyakiti kaum muslimin, jangan pula kalian memperolok mereka, dan jangan pula kalian menelusuri, mencari-cari aib mereka. Karena barangsiapa yang mencari-cari aib saudaranya niscaya Allah akan mencari-cari aibnya, dan barang siapa yang aibnya dicari-cari oleh Allah niscaya Allah akan mempermalukan dia meskipun dia berada di dalam rumahnya sendiri.” (HR. Abu Daud no. 4236 dan At-Tirmizi no. 2032) 

jangan lagi terlibat dengan obrolan tentang aib. jangan lagi menjelekkan penguasa--yang menurut pemahamanmu yang masih sedikit itu--adalah penguasa yang tak bijak. jangan membenarkan aib orang. hati-hatilah dengan diskusi yang menjerumuskan pada masalah aib ini.

-renungan kala hati berkata: bajuku juga berantakan, tapi gaada yang tau karena aku masukin di lemari, mereka mah taunya aku rapih. Allahummaghfirlanaa :'


No comments: