Feb 5, 2014

Hilang Data

Bismillahirrahmaanirrahiim
             Data saya hilang. Hilang sehilang-hilangnya (oke ini agak berlebihan d:). Tapi ini serius. Data pribadi yang isinya tulisan-tulisan saya dari jaman seragam merah-putih itu raib. Ga berbekas sama sekali.
Jadi ceritanya, waktu liburan di rumah kemarin, saya hobi banget dengerin lagu dari hard disk eksternal yang dicolok ke laptop. Itu lagu emang ga mau dipindahin ke laptop, niatnya biar ga usah dengar lagu lagi, hehe. Tapi karena warga rumah menuntut setel nasyid, jadilah selama di rumah hard disk eksternal itu bolak-balik nyolok laptop. Dan kadang, kalau lagi berkutat di depan laptop, suka ada yang iseng mindahin itu posisi laptop. Otomatis HDE nya juga pindah kan. Dan entah diapain sama adek, saat suatu sore saya coba koneksikan HDE dengan laptop, JLEB, HDE saya ga kebaca. Terbayang sudah dokumen penting dan juga data tulisan yang kalau digabungin entah berapa ratus lembar hilang :’
Tapi karena saya pantang nyerah, ngga mau bawa itu HDE ke tempat servis, saya usahakan untuk gugling siapa tau HDE bisa kebaca lagi. Mulailah petualangan dari satu web ke web lain, satu software ke software lain. Sampai ketika proses berkelana itu berlangsung, dan komputer saya minta direstart, eh, malah setelah mati, dia lama banget bootingnya. Layar laptop hitam. Dicoba dicabut batrenya terus dinyalain lagi, masih sama. Rasanya pengin teriak, pengin banting itu laptop biar nyala lagi. Gimana lah caranya.
Akhirnya saya nyerah.
Laptop dan HDE, keduanya dibawa ayah ke tempat servis. Laptop, harus reinstall windows dan cleaning semua data D. Panik, banget, apalagi laptop itu diservis h-1 sebelum saya harus hijrah ke surakarta. Khawatir ga bisa bawa laptop ke solo kan gaswat.. tapi akhirnya Alhamdulillah saya bisa membawa laptop yang sudah sehat itu ke solo. Tapi isinya kosong. Plong. Sementara hard disk saya masih tergeletak di rumah. Bingung mau di RMA apa diapain enaknya =,= masih berharap semoga ada keajaiban data2 saya kebaca. Walau kecil kemungkinannya sih. Sampai detik ini masih nunggu konfirmasi orang rumah apakah HDE itu masih bisa kebaca atau engga.
Hikmah dari kehilangan ini adalah, don’t ever trust your device! Selalu buat backup di dropbox/google drive. Sebenarnya data tulisan saya itu udah di backup di banyak tempat. Di laptop, di flashdisk, di HDE, di blog juga ada. Tapi tetep aja data yang paling update itu d HDE, soalnya kan emang gampang dibawa2 dan dipindah. Yah pokoknya data penting sekecil apapun itu, di kopi ajalah ke DB/GD biar aman dan bisa diambil dimanapun kapanpun, walau harus terkoneksi internet.

Sejak data-data itu hilang, rasanya kosong betul. Mau nangis juga yaa gimana.. mau marah juga emang ini kesalahan dan kecerobohan pribadi. Akhirnya Cuma bisa diam. Setidaknya mulai sekarang, backup an file jadi lebih rapih. Okelah ya, aku rapopo ;)

No comments: