Dec 12, 2009

BUKANKAH LEBIH ENAK KALAU MENGEMBANGKAN BAKAT DARIPADA MAKSA BELAJAR?

Tadi kan ada bimbel bio sama b indo. There is an article that make me interested. Dan akan kubahas sekarang:

Gini, sejak anak masih ingusan (bocah). Anak sudah belajar untuk mendapat NILAI BAGUS. Karena kalau NILAInya JELEK, ORTU akan MARAH. Disini anak belajarnya, gimana cara mendapatkan NILAI BAGUS agar ORTU TIDAK MARAH. Ini nih, yg ortu perlu introspeksi. Kebanyakan orangtua MAUNYA ANAK dapat NILAI BAGUS, padahal ortu itu TAU ANAKNYA GA BAKAT DI AKADEMIS.

Kasus kayak gini sih udah jadi hal biasa di dunia pendidikan. Tapi, apa karena biasa, kasus ini boleh jadi suatu kebiasaan? Apa ortu yg maksa anaknya belajar itu biasa? Apa ortu itu ngga tau, anaknya maunya MAIN MUSIK BUKAN BELAJAR. Kenapa sih dipaksa dapet nilai 100? Bukankah lebih enak kalau ortu ga perlu lah maksa2 dapet nilai bagus, tapi ortu itu mengembangkan bakat lainnya? Bukankah itu lebih baik buat kedua pihak? Oke, kalian mau ngajarin disiplin, tapi ga dengan pemaksaan belajar seenaknya. Aku sering ga ngerti cara orang dewasa berpikir.

Masalahnya, aku punya banyak BANGET temen yg kasusnya kayak yg aku bilang diatas. Banyak anak, yang (maaaf banget nih) sebenernya kalo berdasarkan pengamatanku, anak ini bakatnya di bidang lain, bukan akademik. Tapi sama ortunya, mentang2 ortunya lulusan sarjana, anak itu dipaksa buat mengambil jalur pendidikan: SD-SMP-SMA-KULIAH. Oke, boleh, kalau anaknya kuat. Oke, kalo di kuliah itu si anak dibolehin ngambil jurusan sesuai bakatnya. Tapi, apa si anak kuat ngadepin tekanan pelajaran pas SMP? SMA? Aduh kenapa sih ortu itu ga mau ngerti?

Kenapa sih ortu ga mau nerima kenyataan bahwa anaknya ga bisa seperti ortunya yg dosen? Kenapa sih ortu ga mau nerima kenyataan bahwa bakat anaknya di bidang lain, bukan akademik. KENAPA? Atau para ortu itu gengsi sama teman2nya? Ih kesel.

Menderita melihat kawan kita berusaha sekuat tenaga untuk dapet nilai bagus. Dan ortu hanya bisa marah2 kalo kawan kita itu dapet nilai jelek. Kenapa sih usahanya ga diliat? Kenapa? Buat apa ortu itu jd lulusan sarjana kalo ga bisa ngerti perasaan anaknya?

HARUSNYA, udah tau anaknya ga bakat di akademik, ya diwajarin aja kalo dapet nilai standar. Udah tau anaknya bakat di bidang lain, kenapa masih di sekolahin di sekolah yg standar akademiknya tinggi? Mikir dong!

Tolong dong semua pihak introspeksi. Kenapa di sekolah2 ada yg namanya kelas akselarasi, tapi ga ada yg namanya KELAS BAKAT? Tolong banget, terutama para orangtua, kasihan anak2 kalian kalau kalian ga mau berubah. Aku bukannya sok tahu, tapi aku cuma kesel aja dengan sikap2 kalian itu. Emang aku masih 14 tahun, karena itu maaf banget kalo post-an ini menyakiti berbagai pihak, aku ga bermaksud.

No comments: