Apr 4, 2015

KAJIAN AKBAR MUSLIMAH HUMAIRA

Pembicara: Teh Ninih Muthmainnah
Tempat: Masjid Fathimah Solo
Waktu: 4:25 pm 4/4/2015

1.      Al-Ikhlas 3x , doa khatmil Qur’an
2.      1 yg harus kita syukuri adalah mukjizatnya Nabi Muhammad: Al-Qur’an. Walaupun lahirnya jauh, bukan disini, tapi sekarang kita dengan mudahnya menemukan Al-Qur’an. Maka tanda syukur kita adalah keinginan untuk menjadi keluarga Qur’ani, keluarganya Allah. Sebab yang bisa ketemu Allah adalah keluarganya Allah :’’
3.      Ayat kauniyah. Membaca tanda-tanda kekuasaan Allah dari yg lain (bukan dr ayat langsung). Kisah imam Ghazali yang dititipkan ke ulama tasawuf. Ihya ‘ulumuddin. Di akhir hayatnya, ia memeluk kitab Bukhari. Intinya, ilmu2 yang dititipkan ke beliau ngga sebanding sama yang Allah titipkan ke Nabi dan Rasulnya.
4.      Ciri keluarga Qur’ani ada 3:
1) Tujuan keluarga adalah akhirat (Ar-Ra’du:23-24)
( 23 )   (yaitu) surga 'Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu;
( 24 )   (sambil mengucapkan): "Salamun 'alaikum bima shabartum". Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.
Kalau keluarga tujuannya dunia, lihat aja gaya hidupnya oranng-orang barat. Bahagia ia, tapi seret.
Bisa saja dalam sebuah keluarga, ada yang hafal Qur’an tapi belum tercermin dalam kepribadiannya. Ada juga belum ada yang hafal, tapi tadabbur Qur’annya oke. Yang ideal ya hafal dan perilakunya tercermin Akhlak Qur’an.
Ibunya, walaupun ngga hafal 30 juz, tapi mensupport anaknya seperti ibunya Imam Syafi’i. yuk tadabur Qur’annya yg rajin :’’
2) Di rumahnya penuh ketentraman
Tak peduli harta sebanyak/sesedikit apa, tapi keimanan dalam keluarganya utuh. Sebab nikmat terbesar dalam hidup adalah nikmat keimanan dan ketaatan.
Anak-anaknya sudah bikin adem?
Pertanyaannya coba dibalik ma, kehadiranmu sudah bikin adem ummi abi belum? :’’
Kalau rumahnya belum tentram, berarti ada yang salah
3) Bermanfaat untuk orang lain
            Siapa keluarga yang paling bermanfaat? Keluarga Rasulullah..
5.      Membaca, memahami, mengamalkan, mendakwahkan, menghafalkan.
M 1-3 itu fardhu ain. 4-5 fardhu kifayah.
Barangsiapa yang di dalam rumahnya tidak ada Qur’an, maka seperti makam – Alhadits.
Ibunya melakukan 1-5, juga mensupport penuh anaknya untuk hafal. Ruh Qur’an ibunya masuk ke jiwa anak.
Baca Qur’annya pakai  hati, yakin sedang berdialog dengan Allah. Kalau lagi sholat, baca alfatihahnya sambal mikirin apa?

Tanya jawab
1.      Bagaimana cara  memotivasi anak  agar ia tidak tertekan/ merasa terpaksa untuk menghafal?
Anak itu melihat dan merasa.. ketika menuntut anak untuk menjadi penghafal Qur’an, harus dicoba dari diri sendiri. Usaha, lakukan mulai dari diri sendiri. Urusan taufiq itu urusannya Allah. Yang penting niat kita lurus, usahanya ada, semata2  untuk mengejar ridho Allah. Bukan untuk berbangga-bangga. Anak yang hafal Qur’an juga adalah ujian.. sebab pribadi dan akhlaknya juga harus mencerminkan Qur’an. Anaknya, jangan dipaksa….




No comments: