Dec 21, 2016

Memakna

7 semester ini, walaupun bersinggungan dengan banyak dokter. Tapi perasaan bahwa aku harus menjadi dokter jujur, baru hadir pagi tadi.

Sejak malam aku belajar osce bersama eva dan santi. Meski malamku tetap saja tak lepas dari lelap, pagi tadi Alhamdulillah kuterbangun dan bergegas berlatih beberapa skill. Salah satunya adalah skill hecting alias menjahit. Di tengah latihanku, eva menonton video tentang Aleppo. Video yang mengundang nuraniku untuk berhenti sejenak dan ikut membersamainya melihat tayangan itu, yang ternyata begitu menyayat hati.

Darah. Luka. Air mata. Nyawa. Wajah-wajah marah. muka polos yang penuh harap.
Aku terguncang melihatnya.

Kemudian kulihat diriku sendiri.
Betapa aku telah banyak kufur atas segala nikmat yang Allah berikan. Betapa aku begitu lemah. Betapa daya juang jihad di dalam diri ini masih seujung kuku bila dibanding mereka.

Aku ditinggal.
Aku ditinggal masuk syurgaNya Allah.
Dan aku tak mau ditinggal lagi.


Hari ini, kulihat anak menangisi ibunya. Ayah menangisi anaknya.
Tapi beberapa tahun lagi, mungkin hal itu yang terjadi pada kami disini di Bumi Indonesia.

Tidak ada jalan lain selain berusaha membantu. Mengorbankan segala gala.
Dan belajar jadi dokter yang kompeten adalah salah satu jalan jihad itu.

Jadi dokter. Jadi dokter yang bermanfaat. Mengobati luka-luka ummat.

Agar kelak, ketika mereka bertanya siapa yang harus diberangkatkan ke medan jihad; aku bisa lantang berteriak dan mengajukan diri.

Menyongsong jihad. Menyongsong syurga tanpa hisab. Kemuliaan apalagi kah yang dapat menandinginya? Tak ada.

Buka mata. Buka hati. Jangan kalah dengan egomu. Selesaikan semua ini. Belajarlah. Bukan untuk ummi. Bukan karena menuruti semua orang. Tapi karena ummat membutuhkan kita.

Bangunlah.

Bangun.

Bersyukurlah.


20 desember 2016 10.48

No comments: