May 31, 2014

Untuk Aska

Bismillah..
Teruntuk adek-adek SMAku yang akan memasuki dunia kuliah (insyaaAllah), terutama untuk adek-adek di tanah madani, Ashabul Kahfi.

Barakallah fiikum bagi kalian yang sudah diterima di jalur undangan. Buat yang belum, jangan berkecil hati. Ingat, jalanmu masih panjang. Dan yakinlah, semua ketetapan ini adalah ketetapan terbaik dari Allah (dibuka lagi Al-Baqoroh:216 nya ;) ).

Oke, ana ga pingin ngebahas masalah snmptn dan kawan-kawannya itu. Yang ingin ana bahas disini adalah masalah tempat tinggal ketika kuliah nanti,

Mungkin akan ada 1-2 yang tinggal di rumah bersama orangtua / saudara, tapi ana yakin sebagian besar pasti akan tinggal di kos.

Pesan ane: cari lingkungan tempat tinggal yang baik. Entah itu kos binaan (kos khusus muslim), entah itu pesantren, entah itu asrama mahasiswa.

Kenapa sih kita harus cari lingkungan yang baik, yang islami? Kan udah bosan ukhti, 3 tahun dipenjara di tanah madani.

Hm.. ana paham betul sih keinginan untuk bebas. Tapi, kalau kita ga pilih lingkungan yang baik untuk kuliah kita, itu akan sulit banget. Sulit untuk sholat berjamaah, sulit untuk bangun tahajjud, sulit puasa sunnah. Setidaknya kalau kita di kosbin (kos binaan), semalas dan sesibuk apapun kuliah kita, insyaaAllah akan ada yang ngingetin kita untuk tetap seimbang antara kuliah dan ibadah (solat, tilawah, dll)

Ada beberapa pengalaman dari temen-temen ana yang ga di kosbin, atau ga di asrama; banyak yg mengeluhkan, jadi susah bangun, ga ada yang ngingetin kaya di CM dulu.. nah..

Yang di kosbin dan di asrama pun bukan jaminan bahwa semua orang-orang di dalamnya adalah orang-orang baik, tapi setidaknya, yang di kosbin/asrama itu notabene adalah kumpulan mahasiswa yang kepingin baik. Mungkin mereka memang belum baik tapi ada semangat pingin jadi lebih baik.

Masalahnya, lingkungan yang kurang baik itu bisa menghapuskan kebiasaan-kebiasaan baik yang udah pernah kalian tanam sebelumnya di tanah madani.

Nah segini dulu aja, mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan.
Tetap semangat buat pejuang SBMPTN/SIMAK/UTUL/UMBPT/dll, yakinlah Allah ga akan menyia-nyiakan usaha kalian :')

No comments: